Subscribe to our RSS Feeds
Hello, this is a sample text to show how you can display a short information about you and or your blog. You can use this space to display text or image introduction or to display 468 x 60 ads and to maximize your earnings.

Konfigurasi Quota Space user Ubuntu Menggunakan Webmin

0 Comments »
Pada suatu system yang memiliki banyak user, dan mengimplementasikan resource/hardisk share sanga riskan dengan yang namanya kekurangan space, setiap user akan menyimpan banyak file tanpa memperhitungkan space user yang tersedia, jika semua user melakukan hal yang demikian otomatis space yang tersedia akan habis dan menjadi masalah bagi anda yang bertugas sebagai admin dari system tersebut, untuk itu hal yang paling mungkin dan mudah dilakukan adalah dengan membagasi quota dari setiap user yang ada, anda dapat membatasi berapa banyak space yang akan diberikan kepada setiap user dan berapa banyaka file yang boleh disimpan, maka anda tidak akan dipusingkan lagi dengan complain yang namanya kekurangan hardisk. Untuk itu mari kita coba untuk mengimplementasikan hal tersebut.

1. Instalasi software disk quota

Bagi komputer anda yang terkoneksi langsung dengan internet, maka instalasi quota akan lebih mudah, melalui terminal ekseskusi perintah berikut
root@fileshare:~#apt-get install quota
Bagi anda yang tidak terkoneksi langsung, silahkan unduh package quota  disini , kemudian secara manual mengguanakan package manager untuk instalasinya
2. Mengkonfigurasi system untuk mendukung disk quota
Pertama, tentukan di partisi yang mana kita akan menerapkan disk quota. Lalu tentukan pula apakah quota akan diterapkan pada user, group, atau keduanya. Di sini diasumsikan bahwa kita akan menerapkan disk quota per user pada partisi /home dan. Juga diasumsikan kita memiliki file /etc/fstab yang mengandung baris di bawah ini:

/dev/sda5  /home  ext3  suid,dev,defaults,usrquota,exec  0  1

3. Konfigurasi Quota
Setelah kita mereboot komputer yang kita miliki dengan konfigurasi quota yang baru, kita dapat memberikan disk quota per user dengan perintah edquota. Sebagai contoh, untuk mengalokasikan disk quota pada user yang bernama andry, maka kita dapat mengetikkan perintah berikut:

edquota -u andry

Perintah tersebut akan memunculkan default editor seperti vi atau editor lainnya dengan isi mirip seperti berikut:
Quotas for user andry:
/dev/hda2: blocks in use: 0, limits (soft=0, hard=0)
inodes in use: 0, limits (soft=0. hard= 0)
Di sini terlihat bahwa user andry telah menggunakan 0 blocks (dalm KB) pada partisi /dev/hda2 (di bawah kontrol quota user), dan limit (soft atau hard) juga belum diset.
Seperti yang kita lihat, kita dapat mengeset limit besar space (dalam blocks) yang bisa digunakan seorang user dan pada saat yang bersamaan dapat mengontrol berapa banyak file yang dapat dimiliki oleh user. Parameter soft limit mengatur besar maksimum space disk (blocks) atau file (inodes) yang bisa dimiliki user pada file system yang ada. Parameter hard limit merupakan besar absolut space disk (dalam blocks) atau file (inodes) yang bisa dimiliki oleh user.
Sebagai contoh apabila kita ingin membuat user andry untuk memiliki soft limit 1 MB (1024 KB) dan hard limit 4 MB (4096) pada space disknya. Juga misalkan kita menginginkan agar user andry dibatasi soft limitnya sampai 128 file/direktori (inodes) dan hard limitnya sampai 512 file/direktori, maka kita dapat mengesetnya dengan mengetikkan perintah:

edquota -u andry

dan editlah menjadi seperti berikut:

Quotas for user andry:
/dev/hda2: blocks in use: 0, limits (soft=1024, hard=4096)
inodes in use: 0, limits (soft=128. hard= 512)

Setelah kita menyimpan konfigurasi di atas, maka user andry tidak dapat lagi melampaui hard limit yang telah diterapkan.

Hem…bagaimana?? Yah..memang agak sedikit ribet…
Untuk itu sesuai judul postingan ini, kita akan mengkonfigurasi quota user tersebut dengan menggunakan aplikasi webmin
 
4. Instalasi webmin.
Untuk instalasi package tersebut kita harus mendownload package webmin, kita tidak bisa mengistall dengan menggukana bantuan ‘apt’, karena package tersebut tidak tersedia dalam repo ubuntu.
Anda dapat mengunduh package webmin disini , setelah anda download, install package webmin tersebut dengan menggunakan package manager(double klik package)
 
5. Konfigurasi
Setelah semua berhasil, mari kita mulai. Buka browser kesayangan anda, pada address bar, buka alamat server file share anda dengan port 10000, contoh http://localhost:10000(asumsi konfigurasi quota pada computer server)
Pada menu System pilih submenu Disk Quotas, disana kita akan menjumpai patisi home yang sebelumnya telah kita set agar patisi tersebut meng-implementasikan Quota.
Pilih patisi tersebut, disana kita akan menjumpai semua user yang ada pada system. Pilih user yang akan kita konfigurasi, kita dapat mengkonfigurasi Quota user dengan mudah dengan wizard yang telah disediakan.
 
Note: Sungguh pekerjaan yang bodoh jika  mengkonfigurasi Quota user satu persatu, kita dapat menduplikasi settingan yang telah ada pada satu user ke user yang lain, ke semua user dalam satu group, bahkan ke semua user yang ada hanya dengan menggunakan wizard yang telah disediakan,
  



SUMBER : http://st289858.sitekno.com/article/6929/konfigurasi-quota-space-user-ubuntu-menggunakan-webmin.html
23.11

0 Responses to "Konfigurasi Quota Space user Ubuntu Menggunakan Webmin"

Poskan Komentar